1. 1.  Aliran Romantisme

Aliran romantisme merupakan aliran sastra yang lebih mengutamakan perasaan yang menggambarkan kenyataan hidup dengan penuh kebahagiaan dan keindahan tanpa cela. Misalnya:

KEKASIHKU

Kasih kau hadirkan bahagia untukku,,

Memberikan aku kasih saying dalam batinku,,

Jikalau rasa sepih melanda hidupku,,

Kasih sayangmu tak pernah pudar untuk selalu menghiburku,,

      Engkau sangat berarti dalam hidupku,,

      Maka janganlah engkau meninggalkanku,,

Apalah arti hidup ini,,

Tanpa kehadiran dirimu,,

Yang selalu memberikan kebahagiaan,,

Yang tak dapat ku lupakan,,

      Terima kasih kekasihku,,

      Kau telah menghadirkan sejuta makna dalam hidupku,,

  1. Aliran Ekspresionisme

Ekspresionisme mengungkapkan kenyataan secara subyektif, yang diekspresikan melalui gelora kalbunya, kehendak batinya. Puisi bersifat ekspresi jiwa, creation, bukan mimesis.

 

AKU DALAM KESEPIAN

Aku merasa sesak,,

Bila ada seseorang yang memarahiku,,

Aku mersa sesak,,

Blia aku menahan air mata,,

      Sering kali aku berkata,,

      Tak ada lagikah seseorang yang menyayangiku,,

      Tak ada lagikah seseorang  yang mempedulikanku,,

      Sehinggan aku dibiarkan dalam kesepian,,